≈≈ Gitaris.Com ≈≈

HomeForumGuitarDrumBassKeyboardVocalRecordingBandGear AdsYellow Pages

Go Back   Musisi.com > www.gitaris.com > Klinik Teori

Reply
 
Thread Tools Rate Thread Display Modes
  #1  
Old 02-07-2008, 11:42
alvane's Avatar
alvane alvane is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 5
ketukan lagu

knock2..
mas2/mbak2,mau nanya nih..gmn cara bedain(nentuin) ketukan lagu 3/4 dg 3/8,atau 6/8 tanpa melihat partitur nya?
intinya,apa bedanya /4 ama /8 klo udah diaplikasikan ke musik?
Reply With Quote
  #2  
Old 02-07-2008, 15:35
N-Rue 7's Avatar
N-Rue 7 N-Rue 7 is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jan 2007
Location: Jakarta
Age: 29
Posts: 206
Send a message via Yahoo to N-Rue 7
ini bakal agak panjang sih penjelasannya

Quote:
Originally Posted by alvane View Post
knock2..
mas2/mbak2,mau nanya nih..gmn cara bedain(nentuin) ketukan lagu 3/4 dg 3/8,atau 6/8 tanpa melihat partitur nya?
intinya,apa bedanya /4 ama /8 klo udah diaplikasikan ke musik?
yang pasti Lu musti ngerti dulu nature/sifat alami dari ketukan.
jadi kita bahas dari biramanya dulu, bukan dari musiknya.

bar pada umumnya maunya dibagi jadi 4 ketuk, ini yang paling dasar.
setelah itu, kalau tidak memungkinkan, baru jadi 2 dan kemudian baru jadi 3.
ada semacam tingkat prioritas... 4 dulu, 2 baru 3...

dalam tanda birama umum (non odd-time)

4/4, 8/8, 8/16, 16/16, 12/8, 12/16 bisa dibagi 4, jadinya ada 4 ketuk.
2/4, 6/8, 2/2, gak bisa dibagi 4, tapi bisa dibagi 2, jadinya 2 ketuk.
3/4, 9/8 gak bisa dibagi 4 dan 2, tapi bisa dibagi 3, jadinya 3 ketuk.

nilai ketukannya itu baru dari tanda birama dibagi ke jumlah ketukannya.

nah, didalam setiap ketukan itu ada lagi ketukan kecil yang cara pembagiannya sama, 4 dulu baru 2 baru 3.



Nah, ini baru cara penghitungannya... tapi di dalam time signature ada posisi aksen, atau yang disebut dengan ketukan kuat ketukan lemah.

Kalau mau bisa bedain tanda birama pas denger lagu tanpa liat part-nya dulu, syaratnya harus nguasain ini semua dulu, yang agak terlalu ribet untuk dijelasin pake teks... selain itu juga G udah cape ngetik seharian ini, lain kali aja deh, he he he he




Hope this help
GBU
__________________
~ Courageous ~

"I thank Thee and praise Thee,
O thou God of my fathers,
who hast given me wisdom and might"

Daniel 2:23
Reply With Quote
  #3  
Old 02-07-2008, 21:11
alvane's Avatar
alvane alvane is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 5
klo double time itu sama ga artinya dg membagi dua "penyebut" nya?yg tadinya /4 jadi /8?
Reply With Quote
  #4  
Old 04-07-2008, 13:11
N-Rue 7's Avatar
N-Rue 7 N-Rue 7 is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jan 2007
Location: Jakarta
Age: 29
Posts: 206
Send a message via Yahoo to N-Rue 7
Double Time

Quote:
Originally Posted by alvane View Post
klo double time itu sama ga artinya dg membagi dua "penyebut" nya?yg tadinya /4 jadi /8?
gak sama persis sih, tapi bisa dibilang sama.
walaupun sering kali beat double-time tetep ditulis dalam /4, tapi feelnya emang lebih tepat kalo pake /8.

sedangkan /8 dalam musik progresive & psichedelic sering kali dalam penggunaannya gak lagi jadi 4 ketuk... tapi jadi odd-time, misalnya jadi 3 ketuk yang 2 ketuk diantaranya bernilai 3/8 dan 1 ketuk lagi 2/8, jadi kayak 1 bar 6/8 dan 1 bar 2/8.

| 8/8 | = | 6/8 | 2/8 |

kenapa ada composer yg pake 8/8 dan ada yg pake 6/8 dan 2/8, yah mereka pasti punya (harus punya) alasannya sendiri...



GBU
__________________
~ Courageous ~

"I thank Thee and praise Thee,
O thou God of my fathers,
who hast given me wisdom and might"

Daniel 2:23
Reply With Quote
  #5  
Old 05-07-2008, 11:31
Seventh String's Avatar
Seventh String Seventh String is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2006
Location: Fish & Crocodile City.
Posts: 11,405
ketukan itu ibaratnya orang berjalan, ada orang yang berjalan secara konstan (mis: ketukan 4/4 atau 6/8 dari awal sampai akhir lagu)
ada orang yang berjalan sebentar lari, sebentar jalan biasa, trus lari lagi (mis: 7/8, 4/4, 7/8)

atau yang lebih smooth, dari jalan biasa, jalan cepat, setengah berlari, berlari, melambat, agak lambat, biasa lagi...(mis: 4/4, 6/8, 7/8, 8/8, 7/8, 4/4)

dst...kurang lebih seperti itulah..

GBU.
__________________
Terganggu dengan obrolan Out Topic? baca: http://musisi.com/showthread.php?t=34846
_____
Guitar for God and Guitar for Good
Reply With Quote
  #6  
Old 06-07-2008, 11:26
jingga's Avatar
jingga jingga is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jun 2008
Location: classified
Posts: 97
kebetulan ada yang bahas ketukan......
bro,,,kasih contohnya dong,judul lagu ma nama bandnya,,,,misal:
4/4 sunny BCL....gitu.ya biar gampamg ngertinya...
thnx ya.....
__________________
berprestasi dan berbisnis dua sisi sangat manis.........hell yeah!!!

:
Reply With Quote
  #7  
Old 07-07-2008, 22:08
Seventh String's Avatar
Seventh String Seventh String is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2006
Location: Fish & Crocodile City.
Posts: 11,405
wah, banyak...kalo lagu pop kebanyakan ketukannya 4/4 atau kadang2 yang agak nge-beat bisa 6/8, itu yang umum.

kalo lagu2 dengan ketukan aneh2, coba dengerin lagu2 rock progressif, misalnya Dream Theater atau Planet X.

Atau kalau ngga suka rock bisa dengerin yang nge-jazz macam Scott Henderson (termasuk Tribal Tech dan Vital Tech) atau lagu2nya Frank Gambale (terutama yang GHS-Frank Gambale, Stuart Hamm & Steve Smith)

atau mungkin yang lebih rileks ada Yanni...

GBU.
__________________
Terganggu dengan obrolan Out Topic? baca: http://musisi.com/showthread.php?t=34846
_____
Guitar for God and Guitar for Good
Reply With Quote
  #8  
Old 08-07-2008, 01:35
alvane's Avatar
alvane alvane is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 5
ada ga lagu yg ketukannya ga bulat? misalnya 4,5/4..atau 3,5/4.
yg plg ajaib yg gw pernah liat itu (5+7)/8 yg sebenarnya 12/8 (liat dari tab nya metropolis pt.1)
Reply With Quote
  #9  
Old 08-07-2008, 02:17
Seventh String's Avatar
Seventh String Seventh String is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2006
Location: Fish & Crocodile City.
Posts: 11,405
banyak...

contoh yang paling "terkenal" dari ketukan 5/4 adalah theme song-nya Mission Impossible, tapi lagu yang jadul, bukan yang remake dari Limpbizkit...


EDIT TAMBAHAN
kalo bingung dengan teori tentang ketukan, caranya coba perhatikan pemain drumnya, gimana caranya dia memukul, trus coba cari "pattern"nya.

apa itu "pattern"? pattern adalah bagian2 kecil yang diulang2 sehingga menjadi utuh.

misalnya contoh yang gampang, drummernya main pola 8 beat, pattern dasarnya sperti ini: duk, duk, tak, duk, duk...cring!

nah, ketika kamu mendengarkan drummernya main duk, duk, tak, duk, duk...tak!, duk, duk, tak, duk, duk...cring! dst....

maka begitu kamu dapet satu pattern-nya, kamu akan tahu bahwa dia sedang main 8 beat dan ketukannya adalah 4/4.

Lho, kok bisa? sebentar...ikuti penjelasan lebih lanjut...

pada umumnya ketika drummer memainkan suatu pattern, maka dia akan mengawali atau mengakhiri pattern tersebut dengan aksen yang berbeda, misal memukul cymbal, memukul snare sedikit lebih keras atau bisa juga dengan bass drum bahkan dengan tom2....splash juga bisa, terserah drummernya!
Ketika drummer tersebut berpindah dari pattern satu ke pattern selanjutnya, akan terasa seperti dia sedang "mengambil nafas"

kalau pattern tersebut diulang2 dan digabung dengan pattern lain, jadilah satu lagu...

(bingung? coba dengarkan suara drum dari lagu2 yang kamu punya, coba rasakan dimana dia "mengambil nafas" tersebut)

nah...satu pattern tersebut biasanya adalah satu birama
cat: term "biasanya" artinya bukan mutlak satu birama, kadang2 bisa juga dalam satu birama ada 2 pattern atau lebih, seperti contoh di lagu Metropolis tadi yang ketukannya 7+5/x, nah...itulah alasannya tanda "+" tersebut

Dalam salah satu lessons-nya, Mike Portnoy pernah menjelaskan bahwa dia sering sekali pake ilmu matematika ini untuk membuat suasana ganjil.
Misalnya dia punya irama 4/4, maka supaya tidak monoton dia membaginya menjadi ketukan 5/4+3/4 atau bisa juga 7/4+1/8...atau Kalau iramanya ganjil misalnya 7/8, maka dia membaginya menjadi 5/4+2/4 atau 6/8+1/4...dst...


kalau sudah ketemu satu pattern, tinggal dihitung ada berapa ketukan metronomkah sebelum dia berubah pattern, kalau cuma ada 4 ketukan metronom artinya biramanya adalah 4/x, kalau 5 ketukan ya 5/x, dst.
(cat: ketukan metronom tidak samadengan jumlah nada)

sampai sini mengerti?

nah, sekarang kita coba cari penyebutnya, apakah 1/4 atau 1/8?
caranya? hmm...paling gampang sih coba dengerin ketukan hihat-nya.
Kalau ketukan hihatnya jumlahnya sama dengan ketukan metronom artinya dia sedang memainkan ketukan 1/4, tapi kalau lebih banyak biasanya adalah ketukan 1/8 (Cat: sekali lagi, "biasanya" tidak berarti mutlak!)


kalau sampai sini mengerti, coba...sudah bisa membedakan ketukan irama 3/4 dengan 6/8?

secara matematika keduanya adalah sama 3/4 = 6/8...heheheh
tapi secara musikal keduanya akan menghasilkan nuansa yang berbeda...

irama 3/4 akan menghasilkan nuansa ganjil yang agak lambat, misalnya kalau kamu sering dengar lagu2 waltz, umumnya berirama 3/4...

Sedangkan ketukan 6/8 walaupun sebenarnya ganjil, tapi karena notnya bernilai 1/8 maka jumlahnya menjadi lebih banyak, akibatnya nuansanya jadi lebih nge-beat dan lebih "genap" (hahaha? maksudnya walaupun kamu hitung dengan ketukan 4/4 tapi dengan tempo yang lebih lambat dia masih bisa masuk)....Contohnya, banyak...lagu2nya Coklat atau Tere yang "kan ku'brikan sgalanyaaaa..." itu iramanya 6/8


nah...kalau yang iramanya "aneh2" seperti 5/4, 7/8, 9/8, dll...gimana ngitungnya? ya...coba dicari pattern-nya dulu, temukan dulu berapa pembilangnya baru dicari penyebutnya...

hope it's help

GBU.
__________________
Terganggu dengan obrolan Out Topic? baca: http://musisi.com/showthread.php?t=34846
_____
Guitar for God and Guitar for Good

Last edited by Seventh String; 08-07-2008 at 02:49. Reason: nambahin
Reply With Quote
  #10  
Old 08-07-2008, 10:09
Yudi_A's Avatar
Yudi_A Yudi_A is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Apr 2006
Location: Ngayojakarta
Posts: 10,383
Send a message via Yahoo to Yudi_A
Lagu yg ketukannya 5/4: TAKE FIVE

Lagu ini sering di cover, antara lain oleh Al Jareau.
Reply With Quote
  #11  
Old 08-07-2008, 12:58
N-Rue 7's Avatar
N-Rue 7 N-Rue 7 is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jan 2007
Location: Jakarta
Age: 29
Posts: 206
Send a message via Yahoo to N-Rue 7
Quote:
Originally Posted by Seventh String View Post
ketukan itu ibaratnya orang berjalan, ada orang yang berjalan secara konstan (mis: ketukan 4/4 atau 6/8 dari awal sampai akhir lagu)
ada orang yang berjalan sebentar lari, sebentar jalan biasa, trus lari lagi (mis: 7/8, 4/4, 7/8)

atau yang lebih smooth, dari jalan biasa, jalan cepat, setengah berlari, berlari, melambat, agak lambat, biasa lagi...(mis: 4/4, 6/8, 7/8, 8/8, 7/8, 4/4)

dst...kurang lebih seperti itulah..

GBU.
kayaknya kurang tepat deh...

kalo masalah jalan, ato lari, cepet ato lambat lebih ke masalah tempo dan pembawaan (pembawaan juga merupakan bagian dari tanda tempo, pernah liat kan tanda tempo yang tulisnya: with passion, joyfull, dll.)

kalo time-signature kayaknya lebih ke gaya melangkah, misalnya kalo ketukan double simple (4/4, 2/4, 2/2, 4/2, dll.) itu gaya melangkah yg biasa yang umum (makanya sering ditulis dengan lambang C yg artinya Common time), sedangkan ada juga gaya melangkah yg kayak anak kecil kegirangan, hoping gitu, lompat2 kecil (6/8 ato 3/4)



GBU
__________________
~ Courageous ~

"I thank Thee and praise Thee,
O thou God of my fathers,
who hast given me wisdom and might"

Daniel 2:23
Reply With Quote
  #12  
Old 08-07-2008, 13:02
N-Rue 7's Avatar
N-Rue 7 N-Rue 7 is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jan 2007
Location: Jakarta
Age: 29
Posts: 206
Send a message via Yahoo to N-Rue 7
Quote:
Originally Posted by alvane View Post
ada ga lagu yg ketukannya ga bulat? misalnya 4,5/4..atau 3,5/4.
yg plg ajaib yg gw pernah liat itu (5+7)/8 yg sebenarnya 12/8 (liat dari tab nya metropolis pt.1)
lagu yg ketukannya gak bulat yah yg sering disebut2 dgn odd-time-signature

5+7/8-nya Metropolis itu sebetulnya adalah:

| 5/8 | 7/8 |

kenapa ditulis jadi 1 bar (12/8) karena kedua bar itu masih satu bagian, mainnya gak boleh putus, kenapa gak ditulis 12/8 karena orang bakal nganggep 12/8 sebagai slow rock (4 ketuk yg masing2 nilainya 3/8).



GBU
__________________
~ Courageous ~

"I thank Thee and praise Thee,
O thou God of my fathers,
who hast given me wisdom and might"

Daniel 2:23
Reply With Quote
  #13  
Old 08-07-2008, 13:08
N-Rue 7's Avatar
N-Rue 7 N-Rue 7 is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jan 2007
Location: Jakarta
Age: 29
Posts: 206
Send a message via Yahoo to N-Rue 7
singkatnya...

Quote:
Originally Posted by Seventh String View Post
banyak...

contoh yang paling "terkenal" dari ketukan 5/4 adalah theme song-nya Mission Impossible, tapi lagu yang jadul, bukan yang remake dari Limpbizkit...


EDIT TAMBAHAN
kalo bingung dengan teori tentang ketukan, caranya coba perhatikan pemain drumnya, gimana caranya dia memukul, trus coba cari "pattern"nya.

apa itu "pattern"? pattern adalah bagian2 kecil yang diulang2 sehingga menjadi utuh.

misalnya contoh yang gampang, drummernya main pola 8 beat, pattern dasarnya sperti ini: duk, duk, tak, duk, duk...cring!

nah, ketika kamu mendengarkan drummernya main duk, duk, tak, duk, duk...tak!, duk, duk, tak, duk, duk...cring! dst....

maka begitu kamu dapet satu pattern-nya, kamu akan tahu bahwa dia sedang main 8 beat dan ketukannya adalah 4/4.

Lho, kok bisa? sebentar...ikuti penjelasan lebih lanjut...

pada umumnya ketika drummer memainkan suatu pattern, maka dia akan mengawali atau mengakhiri pattern tersebut dengan aksen yang berbeda, misal memukul cymbal, memukul snare sedikit lebih keras atau bisa juga dengan bass drum bahkan dengan tom2....splash juga bisa, terserah drummernya!
Ketika drummer tersebut berpindah dari pattern satu ke pattern selanjutnya, akan terasa seperti dia sedang "mengambil nafas"

kalau pattern tersebut diulang2 dan digabung dengan pattern lain, jadilah satu lagu...

(bingung? coba dengarkan suara drum dari lagu2 yang kamu punya, coba rasakan dimana dia "mengambil nafas" tersebut)

nah...satu pattern tersebut biasanya adalah satu birama
cat: term "biasanya" artinya bukan mutlak satu birama, kadang2 bisa juga dalam satu birama ada 2 pattern atau lebih, seperti contoh di lagu Metropolis tadi yang ketukannya 7+5/x, nah...itulah alasannya tanda "+" tersebut

Dalam salah satu lessons-nya, Mike Portnoy pernah menjelaskan bahwa dia sering sekali pake ilmu matematika ini untuk membuat suasana ganjil.
Misalnya dia punya irama 4/4, maka supaya tidak monoton dia membaginya menjadi ketukan 5/4+3/4 atau bisa juga 7/4+1/8...atau Kalau iramanya ganjil misalnya 7/8, maka dia membaginya menjadi 5/4+2/4 atau 6/8+1/4...dst...


kalau sudah ketemu satu pattern, tinggal dihitung ada berapa ketukan metronomkah sebelum dia berubah pattern, kalau cuma ada 4 ketukan metronom artinya biramanya adalah 4/x, kalau 5 ketukan ya 5/x, dst.
(cat: ketukan metronom tidak samadengan jumlah nada)

sampai sini mengerti?

nah, sekarang kita coba cari penyebutnya, apakah 1/4 atau 1/8?
caranya? hmm...paling gampang sih coba dengerin ketukan hihat-nya.
Kalau ketukan hihatnya jumlahnya sama dengan ketukan metronom artinya dia sedang memainkan ketukan 1/4, tapi kalau lebih banyak biasanya adalah ketukan 1/8 (Cat: sekali lagi, "biasanya" tidak berarti mutlak!)


kalau sampai sini mengerti, coba...sudah bisa membedakan ketukan irama 3/4 dengan 6/8?

secara matematika keduanya adalah sama 3/4 = 6/8...heheheh
tapi secara musikal keduanya akan menghasilkan nuansa yang berbeda...

irama 3/4 akan menghasilkan nuansa ganjil yang agak lambat, misalnya kalau kamu sering dengar lagu2 waltz, umumnya berirama 3/4...

Sedangkan ketukan 6/8 walaupun sebenarnya ganjil, tapi karena notnya bernilai 1/8 maka jumlahnya menjadi lebih banyak, akibatnya nuansanya jadi lebih nge-beat dan lebih "genap" (hahaha? maksudnya walaupun kamu hitung dengan ketukan 4/4 tapi dengan tempo yang lebih lambat dia masih bisa masuk)....Contohnya, banyak...lagu2nya Coklat atau Tere yang "kan ku'brikan sgalanyaaaa..." itu iramanya 6/8


nah...kalau yang iramanya "aneh2" seperti 5/4, 7/8, 9/8, dll...gimana ngitungnya? ya...coba dicari pattern-nya dulu, temukan dulu berapa pembilangnya baru dicari penyebutnya...

hope it's help

GBU.
ini bener banget sih, cuma...

singkatnya pahami beat... he he he

kalo Lu drummer udah wajib harus nguasain dong, tapi kalo Lu bukan drummer, sering2 aja jam session sama drummer, sebaiknya drummernya juga yg nguasain jangan yg ecek2.
jam session dengan ketukan time signature yg berbeda (bukannya ganti time loh), maksudnya sehari jam dgn 4/4, besok pake 12/8, besok pake apa deh...
kalo pake ketukan genap udah enak, udah soul-full... baru mulai pake odd time... mulai pake yg gampang dulu, 7/8 dan 9/8...



OKs...



Hope this help
GBU
__________________
~ Courageous ~

"I thank Thee and praise Thee,
O thou God of my fathers,
who hast given me wisdom and might"

Daniel 2:23
Reply With Quote
  #14  
Old 08-07-2008, 13:20
N-Rue 7's Avatar
N-Rue 7 N-Rue 7 is offline
Anggota Musisi.Com
 
Join Date: Jan 2007
Location: Jakarta
Age: 29
Posts: 206
Send a message via Yahoo to N-Rue 7
intinya sih

intinya sih pahami dulu the nature of time

mulai dari common time, alias 4/4.
kalo drummer yah banyak2 open-solo pake 4/4.
kalo yg bukan drummer yah jam session aja yg banyak pake 4/4

pokoknya sampe hatam banget deh...



kalo udah... baru mulai dari odd-time yg gampang, 7/8 dan 9/8

karena 7/8 itu adalah 4/4 dikurang 1/8, sedangkan 9/8 adalah 4/4 ditambah 1/8... (jangan main 9/8 sebagai 3 ketuk triplet/3/8 dulu, itu lebih sulit)

7/8 = 3 ketuk 2/8 dan 1 ketuk 1/8
9/8 = 4 ketuk 2/8 dan 1 ketuk 1/8

ntar kalo udah semakin nguasain baru deh kita omongin kelanjutannya


sedangkan 9/8 sebagai 3 ketuk 3/8 pendekatannya adalah dari beat 12/8 (4 ketuk 3/8).

jadi emang harus dibagi dulu angtara ketukan simple (yang nilai setiap ketukannya genap 1/4, 1/2) dan yg compound (triplet ato 3/8, 3/16), karena pendekatannya beda...



Hope this help
GBU
__________________
~ Courageous ~

"I thank Thee and praise Thee,
O thou God of my fathers,
who hast given me wisdom and might"

Daniel 2:23
Reply With Quote
  #15  
Old 09-07-2008, 01:40
Seventh String's Avatar
Seventh String Seventh String is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2006
Location: Fish & Crocodile City.
Posts: 11,405
Quote:
Originally Posted by N-Rue 7 View Post
kayaknya kurang tepat deh...

kalo masalah jalan, ato lari, cepet ato lambat lebih ke masalah tempo dan pembawaan (pembawaan juga merupakan bagian dari tanda tempo, pernah liat kan tanda tempo yang tulisnya: with passion, joyfull, dll.)

kalo time-signature kayaknya lebih ke gaya melangkah, misalnya kalo ketukan double simple (4/4, 2/4, 2/2, 4/2, dll.) itu gaya melangkah yg biasa yang umum (makanya sering ditulis dengan lambang C yg artinya Common time), sedangkan ada juga gaya melangkah yg kayak anak kecil kegirangan, hoping gitu, lompat2 kecil (6/8 ato 3/4)



GBU
ah, iya...kayanya analogi itu lebih tepat....gaya melangkah...thx koreksinya

Quote:
Originally Posted by N-Rue 7 View Post
ini bener banget sih, cuma...

singkatnya pahami beat... he he he
yah...kan itu kan cara praktis yang aku pakai untuk memahami beat..

GBU.
__________________
Terganggu dengan obrolan Out Topic? baca: http://musisi.com/showthread.php?t=34846
_____
Guitar for God and Guitar for Good
Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools
Display Modes Rate This Thread
Rate This Thread:

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump




All times are GMT +7. The time now is 18:35.


Copyright 2001-2010 Musisi.com